Laporkan Penyalahgunaan

 

WELCOME TO IBUK OZ TALE

header Ibuk Oz Tale

Pembukaan Guru Penggerak Sasaran Kab. Bungo

Konten [Tampil]

            Akhirnya pembukaan Guru Penggerak Sasaran Kab. Bungo di buka pada akhir tahun 2021 tepatnya pada tanggal 4 Oktober lalu. Jujur Ibuk Oz sudah lama menunggu Program Pendidikan Guru Penggerak diadakan di Kabupaten Bungo. Penantian ini tak ibuk Oz sia-siakan, ibuk Oz segera mendaftarkan diri dengan harapan dapat lolos dan mengikuti Pendidikan Guru Penggerak pada bulan April tahun 2022. Groupies Mau tahu bagaimana alur pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 5?


Alur Pendaftaran Calon Guru Penggerak Angkatan 5

 
Foto Alur pendaftaran CGP

Tahap 1

1. Untuk mendaftar Groupies bisa mengakses Web Sekolah Penggerak di sana lengkap dari proses pendaftaran, lini masa, informasi tentang guru penggerak mau pun sekolah penggerak.

2. Setelah meng-klik daftar Groupies akan masuk pada sebuah laman Guru Penggerak, di sana Groupies akan mengisi administrasi seperti informasi tentang diri, sebagai guru dan komunitas serta pelatihan yang pernah diikuti selama 3 tahun terkahir.

3. Setelah melengkapi CV (Curriculum vitae) Groupies akan mengunggah pakta integritas, dan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah.

4. Selanjutnya Groupies harus mengisi esai dengan jumlah 8 pertanyaan yang tiap masing-masing pertanyaan terdiri dari beberapa sub pertanyaan. Untuk mengisi esai Groupies harus mengisi dengan penuh konsentrasi dan diisi sesuai dengan pengalaman yang pernah Groupies alami selama menjadi pengajar di sekolah. Biasakan menulis dengan struktur Pembuka, Inti dan Penutup karena struktur ini akan membantu Groupies untuk memenuhi jumlah kata yang ditentukan.

5. Setelah selesai mengisi esai jangan lupa disimpan, agar progressnya tidak hilang. Jangan dikebut dalam satu hari nanti hasilnya tidak maksimal bisa kok di lanjut lagi jika memang membutuhkan waktu untuk berpikir asalkan jangan sampai lewat jadwal pendaftaran tahap 1 nya ya Groupies.


            Setelah melewati Pendaftaran tahap pertama, kini Groupies akan melanjutkan pendaftaran ke tahap kedua.

Tahap 2

                Pada tahap ini ada 2 tahapan seleksi yaitu Simulasi Mengajar dan wawancara. pada tahap ini kegiatan akan dilakukan secara daring/online dengan menggunakan google meet

Simulasi Mengajar

            Sebelum melaksanakan Simulasi Mengajar Groupies akan diminta mengunggah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di aplikasi Guru Berbagi yang sudah terkoneksi ke Simpkb. Nah, usahakan langkah-langkah yang dibuat dalam RPP dilaksanakan pada saat Simulasi Mengajar. Sebelum melakukan Simulasi pastikan Groupies sudah melakukan latihan yang maksimal agar pada saat Simulasi tidak ada langkah-langah yang tertinggal dan dapat melakukan Simulasi Mengajar dengan sempurna.

            Pada simulasi mengajar Groupies  akan diberikan jadwal untuk melaksanakan simulasi mengajar. Jadi kita akan mengajar di hadapan tim penilai tanpa peserta didik dengan maksimal waktu 10 menit. Groupies tidak perlu khawatir jika tidak sampai penutup, karena tim penilai hanya akan menilai pembukaan dan kegiatan inti saja. Usahakan Groupies menggunakan media dan alat peraga yang dapat membantu proses pembelajaran, jangan sampai kita terlihat kesulitan menggunakan alat peraga, siapkan juga lembar kerja peserta didik dan tidak perlu menggunakan slide presentasi dengan infokus karena tidak akan terlihat jelas dari google meet.

            Gunakan pakaian yang sopan, gunakan ruangan yang baik pencahayaannya dan jaringan internetnya apalagi saat mati lampu, dan yang paling penting dilarang merekam proses seleksi Simulasi Mengajar dan mengunggahnya ke sosial media.

                Setelah melakukan Simulasi Mengajar Groupies akan diberikan tiga pertanyaan terkait kegiatan mengajar yang baru saja dilakukan, seperti kelebihan dan kekurangan dari pembelajaran tersebut. 


Wawancara

                Pada seleksi wawancara Groupies akan dijadwalkan langsung dari pusat. Akan ada 2 tim penilai yang akan mewawancarai Groupies dengan masing-masing waktu 30 menit. Jika dijumlahkan kedua tim penilai akan mewawancarai Groupies selama kurang lebih 60 menit.

                Apa saja yang ditanyakan tim penilai selama tahap seleksi wawancara? Jika Groupies masih ingat esai yang dibuat pada tahap pertama, maka pertanyaan pada esai tersebut bisa menjadi pertanyaan pada sesi wawancara. Tetapi bukan berarti pertanyaan esai itu 100% akan menjadi pertanyaan pada saat wawancara namun secara keseluruhan, sesuai dengan pengalaman Ibuk Oz pertanyaan yang ditanyakan pada seleksi wawancara berkaitan dengan pengalaman Groupies selama mengajar di sekolah. Jangan lupa untuk menceritakan pengalaman tersebut secara spesifik dan menggunakan kata saya dalam menjawab setiap pertanyaan.


                Setelah melakukan seleksi tahap kedua yang perlu Groupies lakukan adalah berdoa dan menunggu dengan sabar pengumuman Calon Guru Penggerak. Selama menunggu pengumuman Ibuk Oz setiap dua kali sehari memeriksa simpkb kalau-kalau ada pemberitahuan mengenai pengumuman Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kab. Bungo. Dalam proses seleksi ini, Groupies tidak perlu mencemaskan akan bersaing dengan kabupaten atau provinsi lain, karena saingan Groupies adalah rekan sejawat di sekolah Groupies sendiri, daerah dan kabupaten Groupies. Syukur-syukur bisa lolos bersama-sama supaya bisa bergerak dan menggerakkan diri sendiri dan orang lain.


                Ibuk Oz sudah lama mendambakan bisa mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, karena ibuk Oz yakin bahwa Program ini kedepannya bisa membantu Ibuk Oz untuk belajar dan menjadi Guru Pembelajar sepanjang Hayat. Aminn ...

                Bagaimana dengan Groupies sendiri apakah berminat untuk mengikuti Pendidikan Guru Penggerak? Boleh berbagi di kolom komentar ya...

Mairoza HR
Seorang Guru Bahasa Inggris yang Mengajar di SMP Negeri 2 Jujuhan. Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Bungo. Ko Kapten Belajar.id Provinsi Jambi. Fasda Litnum Kabupaten Bungo. Sahabat Teknologi Jambi 2024

Related Posts

Posting Komentar