Laporkan Penyalahgunaan

 

WELCOME TO IBUK OZ TALE

header Ibuk Oz Tale

5 Langkah Mudah Mengoneksikan Komputer ke Wifi tanpa Kabel LAN

Posting Komentar
Konten [Tampil]

          Beberapa hari belakangan ini Pak Suami dan Ibuk Oz sering berdiskusi tentang membeli komputer bekas untuk di rumah. Ibuk Oz setuju dong, secara laptop sepertinya harus diistirahatkan untuk sementara waktu karena sudah lola parah. Meskipun sebenarnya sudah diubah setting untuk mengatasi laptop lemot, sepertinya laptop ibuk Oz memang sudah harus di install ulang agar bisa dipakai dalam jangka waktu panjang. Oh, iya komputer bekas ini merupakan barang lelang di perusahaan pak suami, kondisinya masih bagus dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga akhirnya kami sepakat untuk membelinya.

          Namun, setelah seperangkat PC sampai di rumah kami mulai bingung untuk mengoneksikan komputer ini ke wifi karena sepengetahuan pak suami untuk jenis PC agar dapat terkoneksi ke wifi harus menggunakan adaptor dan menggunakan kabel LAN. Intinya kami harus mengeluarkan budget lagi agar dapat mengoneksikan komputer ke internet. Sebagai emak-emak, jiwa ngirit pun meronta-ronta.

          Entah datang dari mana ide ini muncul, ibuk Oz langsung browsing di youtube untuk mencari tutorial cara mengoneksikan komputer ke wifi. Pak suami ikut menonton ketika ibuk Oz menemukan sebuah tutorial. Setelah selesai menonton, ibuk Oz dan pak suami dengan semangatnya langsung mencoba tutorial tersebut sambil berguman, ''Mari kita buktikan, apakah tutorial ini bekerja pada PC kita?".

          The result is ... we did it sobat Nongki! Ternyata tutorialnya berhasil kami lakukan hanya dengan 5 langkah mudah mengoneksikan komputer ke wifi tanpa kabel LAN. Tentunya, Sobat Nongki penasaran juga dong? Tenang, ibuk Oz akan bagikan tutorial tersebut pada postingan kali ini. scroll down!


5 Langkah Mudah Mengoneksikan Komputer ke Wifi tanpa Kabel LAN

  

Gambar 5 langkah mengoneksikan komputer ke Wifi tanpa Kabel LAN

          Ibuk Oz dan pak Suami hampir tidak percaya dengan keberhasilan tutorial mengoneksikan komputer ke wifi tanpa kabel LAN yang kami terapkan pada PC di rumah. Sebenarnya lebih kepada sangat senang karena kami tak perlu mengeluarkan dana tambahan untuk itu. Ibuk Oz merasa dengan kecanggihan teknologi pada zaman sekarang kita bisa mendapatkan informasi dan berbagi informasi dengan mudah hanya dengan sekali ketik pada kolom pencarian. Maka dari itu,setelah mendapatkan informasi tentang tutorial mengoneksikan komputer ke wifi tanpa kabel LAN, ibuk Oz juga ingin membagikan informasi tersebut kepada sobat Nongki. Siapa tahu ada yang membutuhkan tutorial ini. Skuy, check this out!


1. Persiapan

  

gambar persiapan

          Sebelum ibuk Oz bagikan tutorial 5 langkah mudah mengoneksikan komputer ke wifi tanpa kabel LAN ini, ada beberapa alat yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Tenang ... alatnya gampang kok, gak susah dan gak mahal. Sobat Nongki hanya perlu mempersiapkan handphone android yang terkoneksi ke wifi atau jaringan internet dan kabel data (kabel charger handphone). Sudah disiapkan ya... yuk kita mulai tutorialnya ...

2. Tutorial 5 Langkah Mudah Mengoneksikan Komputer ke Wifi tanpa Kabel LAN

  

gambar koneksikan kabel data

a. Koneksikan kabel data ke handphone android sobat Nongki seperti saat mau men-charge, jadi kabel USB-nya di pasang ke CPU komputer dan bagian yang lain ke handphone android.

  

gambar menu pengaturan

b. Setelah kabel data terpasang pada kedua sisi, biasanya akan muncul notifikasi pilihan antara mengisi daya, mentransfer file atau gambar. Cukup diabaikan saja notifikasi tersebut ya sobat Nongki karena ada hal yang lebih penting yang harus dilakukan yaitu buka menu pengaturan pada handphone android sobat Nongki dongs. Sudah ketemu kan? Yuk deh di klik.


  

gambar pengaturan lainnya


c. Setelah itu akan muncul banyak menu, sobat Nongki jangan bingung cukup perhatikan menu "lainnya" kalau memiliki handphone tipe Xiaomi Redmi, jika tipe handphone-nya Samsung maka perhatikan menu "koneksi nirkabel lainnya" atau yang memiliki tipe lain bisa menyesuaikan. Sudah ketemu nih ya, yuk deh di klik.


   

gambar aktifkan tethering usb

d. Selanjutnya sobat Nongki akan menemukan banyak menu. Silahkan sobat Nongki cari menu "Tethering USB" atau dalam bahasa indonesia "Penambatan USB". Gimana? mudah menemukannya bukan? Yuk deh di aktifkan Tethering USB-nya dengan cara diklik saja...


  

gambar terkoneksi

e. Langkah terakhir, setelah diaktifkan sobat Nongki periksa deh komputernya di bagian jaringan di bagian bawah pojok kanan. Sudah muncul icon jaringan tersambung deh. Yeay.... mudah kaaan ...

3. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan

          Setelah terkoneksi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh sobat Nongki nih, berdasarkan pengalam ibuk Oz dalam menggunakan cara ini, di antaranya adalah;


a. Ketika sobat Nongki menggunakan handphone android untuk koneksi internet pastikan baterai terisi penuh, karena fungsi kabel data tidak bisa sambil men-charge. Jika baterai mati sudah pasti koneksi internet pada komputer akan terputus.


b. Apakah hanya jaringan wifi saja baru bisa terkoneksi ke komputer, apakah paket data seluler handphone android tidak bisa? Oh, tenang sobat Nongki. ibuk Oz juga sebelumnya penasaran dong dan langsung mencoba mengganti koneksi wifi ke jaringan seluler, hasilnya? Baik-baik saja, koneksinya tidak terputus.


c. Yang terakhir kecepatan jaringan tidak bisa disamakan ketika menggunakan jaringan LAN ya, jadi menyesuaikan dengan jaringan yang kita gunakan apakah wifi atau jaringan seluler.


          Bagaimana sobat Nongki, apakah informasi 5 Langkah Mudah Mengoneksikan Komputer ke Wifi tanpa Kabel LAN ini bermanfaat? Mudah-mudahan bermanfaat ya, bagi sobat Nongki yang sudah mencoba atau yang baru mengetahui tutorial ini boleh dong dibagikan pengalaman atau pendapatnya pada kolom komentar di bawah ini! Sampai jumpa lagi pada tutorial-tutorial atau tulisan lainnya hanya di Ozpeedia.

Mairoza HR
Seorang Guru Bahasa Inggris yang Mengajar di SMP Negeri 2 Jujuhan. Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Bungo. Ko Kapten Belajar.id Provinsi Jambi. Fasda Litnum Kabupaten Bungo. Sahabat Teknologi Jambi 2024

Related Posts

Posting Komentar