Laporkan Penyalahgunaan

 

WELCOME TO IBUK OZ TALE

header Ibuk Oz Tale

13 Langkah Mudah Membuat Soal pada Quizizz.com

Posting Komentar
Konten [Tampil]

          Setelah pada postingan sebelumnya ibuk Oz sudah membuat tutorial cara mendaftar akun di Quiziz.com dan memberikan info mengenai fitur-fitur keren yang ada di Quiziz sekarang sobat Nongki akan ibuk Oz ajak untuk mengetahui 13 Langkah Mudah Membuat Soal pada Quiziz.com. Sudah penasaran kan? Yuk ah kita buktikan seberapa mudahnya tutorial ini. Skuy!

  

 


13 Langkah Mudah Membuat Soal pada Quizizz.com

1. Menu Kuis Baru

          Pastikan sobat Nongki sudah log in dulu ya di akun Quiziznya, setelah berada pada laman beranda, sobat Nongki klik menu Buat, kemudian akan muncul 2 pilihan karena kita akan belajar membuat kuis yuk di klik deh menu Kuis Baru. Untuk menu Pelajaran Baru akan ibuk Oz bahas pada tutorial berikutnya.

 

Gambar menu kuis baru di quizizz

2. Menu Isian pada Buat Kuis

          Setelah mengklik Kuis Baru, sobat Nongki akan di arahkan pada Menu Isian pada Buat Kuis. Pada kolom pertama sobat Nongki ketik judul Kuis nya lalu pada kolom berikutnya memilih mata pelajaran yang relevan, setelah itu klik berikutnya seperti pada contoh gambar Before dan After di bawah ini.

    

gambar before after isian quiz baru

3. Mengenal Menu-menu pada Laman Soal

a. Menu yang pertama adalah teleportasi

b. Menu kedua adalah Buat Pertanyaan baru. Pada menu Buat pertanyaan baru ada beberapa macam jenis dan bentuk soal. Apa saja ya? Here they are!

  • Jenis/Bentuk Soal Pilihan Ganda
  • Jenis/Bentuk Soal Survey
  • Jenis/Bentuk Soal Isian Singkat
  • Jenis/Bentuk Soal Terbuka
  • Jenis/Bentuk Soal Seri
  • Jenis/Bentuk Soal dengan Presentasi/Slide

c. Menu berikutnya ada di bagian kanan yaitu menu untuk mengunggah gambar kuis, lalu ada menu rincian kuis, kelengkapan kuis dan yang terakhir menu simpan yang harus dilakukan agar kuis yang telah dibuat tersimpan dan tidak hilang.

  

gambar menu laman soal quizizz

4. Menu Teleportasi

          Keren ya sobat Nongki, nama menunya teleportasi. Tentu dong seperti namanya, dengan menu ini kita dapat meneleportasikan soal-soal yang ada di perpustakaan quiziz, yang sudah dibuat orang lain ke soal kita, menjadikan soal-soal itu menjadi milik kita. Ini menu yang sangat fleksibel seandainya sobat Nongki lupa mau membuat media pembelajaran atau ice breaking untuk materi di kelas, tinggal gunakan menu teleportasi saja yang sangat memudahkan. Dalam hitungan detik kita sudah siap membuat soal dengan menu teleportasi ini.


          Seperti yang sobat Nongki bisa lihat pada bagian kiri terdapat beberapa menu soal-soal yang relevan dengan yang kita cari pada kolom cari, tinggal di klik saja ya mau meneleportasikan soal yang sesuai dengan kebutuhan sobat Nongki. Jika sobat Nongki lihat pada bagian kanan terdapat menu, seperti; kita bisa menambahkan semua soal yang sudah ada atau memilih soal tertentu yang relevan dengan kebutuhan kita.


  


5. Menu Pilihan Ganda

          Pada menu pilihan ganda akan ibuk Oz bahas satu persatu apa saja menu-menu yang ada pada soal Pilihan Ganda ini. 

  • Yang pertama, seperti yang bisa dilihat oleh sobat Nongki pada bagian atas ada menu untuk mengubah tulisan menjadi bentuk italic, garis bawah, coret, dan beberapa menu selanjutnya bisa digunakan untuk mata pelajaran matematika seperti membuat pangkat, dan menambahkan link.
  • Berikutnya pada bagian kedua ada pilihan jenis/bentuk soal pada tanda panah kecil yang menghadap ke bawah. Jika sobat Nongki berubah pikiran dan ingin mengubah bentuk soal klik saja pada tanda panah kecil itu ya.
  • Pada bagian ketiga, sobat Nongki bisa menambahkan gambar dengan mengklik ikon gambar, menambahkan audio dengan mengklik ikon mic dan menambahkan video dengan mengklik ikon video player. Akan tetapi untuk akun dasar sobat Nongki hanya bisa menambahkan gambar, itu pun terbatas hanya 10 gambar. Jika ingin mengakses secara penuh harus mengubah akun dari dasar menjadi super.
  • Pada bagian keempat, adalah kotak soal. Di sini sobat Nongki bisa mengetik soal lalu pada bagian bawah terdapat 4 kotak sebagai kotak jawaban. Oh, iya kotak jawaban ini bisa ditambah loh sesuai kebutuhan sobat Nongki. Setelah selesai membuat jawaban sobat Nongki harus mengklik salah satu kotak sebagai kunci jawabannya.
  • Pada Bagian ketiga tepat di bawah kotak jawaban ada menu jawaban lebih dari satu. Jika sobat Nongki mengaktifkan menu ini maka harus membuat jawaban lebih dari satu. Di sebelah nya ada menu waktu, pada menu ini sobat Nongki bisa menentukan berapa lama peserta didik mengerjakan soal, dengan cara klik tanda panah kecil yang menghadap kebawah. Selanjutnya ada menu tema, ini biasanya digunakan untuk soal tingkat SD yang menggunakan tema dan subtema. Menu yang terakhir adalah menu simpan, jika dirasa sudah selesai jangan lupa mengklik simpan.
  • Menu yang terakhir pada soal pilihan ganda ini adalah menu menambahkan penjelasan jawaban, ini hukumnya sunnah ya, boleh ditambahkan dan boleh juga tidak. Fungsi menu ini, setelah peserta didik menjawab pertanyaan maka akan muncul penjelasan kenapa jawabannya salah atau benar.

 

gambar jenis soal pilihan ganda

6. Menu Soal Survey

          Pada menu survey ini hampir mirip dengan Pilihan Ganda yang membedakan hanya pada bagian kotak jawaban. Sebagai soal survey tentunya berfungsi untuk mengumpulkan informasi, jadi tidak ada jawaban benar atau salah.

  

gambar jenis soal survey

7. Menu Soal Isian Singkat

          Pada menu Isian Singkat sobat Nongki tentu sudah familiar dengan konsepnya ya, soal uraian singkat yaitu jawabannya singkat-singkat gitu kan ya... Nah pada gambar, di sini ada beberapa perbedaan diantaranya terdapat pada pilihan jawaban. Ada tiga pilihan jawaban apakah harus sama persis dengan kunci jawaban, mengandung atau angka pasti. Selain itu ada juga alternatif jawaban yang berfungsi sebagai pilihan jawaban bagi peserta didik. Selebihnya sama dengan pengaturan menu lainnya.

 

gambar jenis soal isian singkat

8. Menu Soal Terbuka

          Pada Soal Terbuka yang membedakan dengan bentuk soal lainnya adalah tidak ada jawaban. Jadi sebagai guru sobat Nongki memberikan kebebasan pada peserta didik untuk memberikan jawaban versi mereka.

  

gambar jenis soal terbuka

9. Menu Soal Seri

          Pada Soal Seri ini diperuntukkan guru seni nih sepertinya, karena jawaban yang diberikan oleh peserta didik berupa gambar. Kita dapat memberikan soal berupa pertanyaan atau audio. Untuk latar belakangnya sobat Nongki bisa memilih antara template kosong seperti papan tulis di sebelah kiri atau menyisipkan gambar pada bagian sebelah kanan.

  

gambar jenis soal seri

10. Menu Presentasi

          Pada menu Presentasi ini bisa digunakan untuk remedial atau pengayaan. Jadi setelah materi, diakhir slide akan muncul pertanyaan sesuai dengan materi yang telah dibuat sebelumnya.

  

gambar presentasi quizizz

11. Menu Simpan

          Setelah sobat Nongki selesai membuat semua soal, sekarang saatnya untuk menyimpannya. Ada ikon tulisan simpan di pojok kanan atas lalu akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini. nah sobat Nongki pilih bahasanya, lalu kelasnya dan biarkan visible dan bisa dilihat oleh pengguna lain, setelah itu klik Simpan.

   

gambar menu simpan

12. Menu Mulai Kuis Langsung

          Setelah sobat Nongki menyimpan kuis yang telah dibuat sebelumnya, maka akan diarahkan pada laman berikut ini. Menu ini terdiri dari 2 bagian yaitu ditampilkan secara klasik atau kecepatan guru. Apa ya bedanya? Jika sobat Nongki memilih Mulai kuis langsung dengan tampilan klasik maka peserta didik dapat memulai kuis sesuai kecepatan mereka, dan selesai pun tergantung pada kecepatan individu. Namun, jika sobat Nongki memilih kecepatan guru maka peserta didik akan memulai dan menyelesaikan soal secara bersamaan.

  

gambar menu kuis langsung


13. Menu Berikan Pekerjaan Rumah

          Pada menu ini sobat Nongki bisa memberikan PR atau tugas yang bisa dikerjakan di rumah oleh peserta didik. Jadi, sobat Nongki cukup klik menu tersebut lalu atur pengaturan tanggal berapa lama tugas ini dapat dikerjakan dan pengaturan lainnya, tinggal scroll down saja ke bawah. Setelah selesai klik tugaskan maka akan muncul link yang bisa dibagikan kepada peserta didik.

  

gambar tugaskan sebagai pekerjaan rumah

          Ke-13 langkah-langkah di atas akan terasa mudah apabila sobat Nongki berlatih membuat kuis tersebut secara berkelanjutan, dan apabila sobat Nongki melihat reaksi anak-anak saat mengerjakan kuis ini secara langsung, ibuk Oz yakin rasa lelah kita berlatih membuat soal akan terbayar. Yuk ikuti 13 Langkah Mudah Membuat Soal pada Quizizz.com. Jangan lupa bagikan pengalamannya di kolom komentar ya, ditunggu!

Mairoza HR
Seorang Guru Bahasa Inggris yang Mengajar di SMP Negeri 2 Jujuhan. Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Bungo. Ko Kapten Belajar.id Provinsi Jambi. Fasda Litnum Kabupaten Bungo. Sahabat Teknologi Jambi 2024

Related Posts

Posting Komentar